Kamis, 25 Juni 2009

Kandidat Balon Bupati Humbahas Periode 2010-2015 Mulai Hangat Diperbincangkan * Obama Siap Maju Sebagai Balon Bupati Humbahas

Doloksanggul (SIB)
Walaupun Pilkada di Humbang Hasundutan (Humbahas) masih berlangsung 2010 mendatang, namun sejumlah kandidat balon Bupati Humbahas periode 2010-2015 sudah hangat dibicarakan. Pilkada di Humbahas lebih banyak dibicarakan di kalangan masyarakat ketimbang Pilpres yang sudah diambang pintu.
Informasi yang berkembang sampai, Selasa (2/6) kandidat-kandidat sebagai “parhobas” ke depan di Humbahas antara lain Bupati Humbahas sekarang Drs Maddin Sihombing MSi, Bazoka Leo Togatorop SE MM, Drs Maju Siregar , Baginda Lumbangaol SH dan Sanggam Simamora SE. Namun sebagai pendamping balon bupati belum ada dibicarakan.
Maddin Sihombing putra Lintongnihuta yang menurut masyarakat sudah banyak berbuat demi pembangunan di Humbahas sehingga warga menginginkan dan mengharapkan supaya maju dua periode. Bahkan sejumlah tokoh masyarakat dan lembaga adat sudah menjumpai Maddin Sihombing supaya maju dua periode. Kata masyarakat, pembangunan di Humbahas setelah dimekarkan tahun 2003 dan di bawah kendali Maddin Sihombing sudah banyak perubahan. Bahkan jalan-jalan di desa sudah ada dihotmix termasuk pembukaan jalan baru antar desa dan dusun. Sehingga untuk “mempoles” keindahan Humbahas perlu pembangunan itu dilanjutkan Drs Maddin Sihombing MSi. Walaupun Pilkada Humbahas berlangsung tahun depan, namun Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi dan wakilnya Drs Marganti Manullang masih tampak harmonis sesuai dengan penglihatan masyarakat.
Namun sejauh ini, apakah Maddin Sihombing dan Marganti Manullang akan kembali satu paket dalam melanjutkan pembangunan itu. Ada yang mengatakan apabila Maddin Sihombing tidak satu paket dengan Marganti Manullang, maka Marganti akan maju sebagai balon Bupati Humbahas ke depan. Apabila kedua “parhobas” itu sama-sama maju periode berikutnya maka akan terjadi “pecah kongsi”. Maddin Sihombing dalam satu pertemuan di perbatasan Lintongnihuta Paranginan sudah mengatakan kepada masyarakat siap maju dua periode apabila masyarakat menginginkannya. Dalam pertemuan yang dihadiri sedikitnya 400 masyarakat siap menghantarkan Maddin Sihombing dua periode demi melanjutkan pembangunan. Setiap Maddin Sihombing berkunjung ke desa-desa untuk melihat pembangunan, masyarakat selalu mengatakan supaya maju kembali sebagai bupati periode kedua.
Bazoka Leo Togatorop SE MM kata masyarakat bertugas sebagai Polri dan berpangkat Kombes. Dalam menuju kursi “Humbang 1”, Bazoka Leo Togatorop sudah mengadakan pertemuan di Paranginan dan siap maju sebagai balon Bupati Humbahas periode 2010-2015. Bahkan Bazoka dan keluarga sudah mengucapkan salam Paskah kepada masyarakat Humbahas melalui baliho termasuk membentuk kantor “Bazoka Center” di Doloksanggul. Sanggam Simamora SE merupakan pengusaha di Kepri.
Drs Maju Siregar saat ini menjabat Kadis Koperasi Medan sudah “terjun” ke Bona Pasogit Humbahas untuk memperkenalkan diri karena ikut sebagai kandidat balon Bupati Humbahas ke depan. Putra Siriaria Pollung itu setiap menjumpai masyarakat termasuk kerabatnya sudah mengatakan siap maju sesuai dengan namanya sebagai balon Bupati Humbahas. Maju Siregar dijuluki sebagai “Obama” singkatan dari “Oh Bapa Maju”. Pertengahan Mei lalu, Maju Siregar sudah berkunjung ke Kecamatan Baktiraja dan Kecamatan Paranginan tepatnya di Desa Pearung kampung kelahiran Pahlawan Nasional Melanton Siregar. Namun pertemuan secara resmi belum ada dilaksanakan, namun sudah mengunjungi satu marganya karena di desa itu 90 persen marga Siregar.
Baginda Lumbangaol SH merupakan mantan Kajari Tarutung dan saat ini masih aktif sebagai penegak hukum. Baginda Lumbangaol SH tahun 2005 lalu ikut berpacu dalam Pilkada di Humbahas berpasangan dengan Jabangun Simamora. Dalam pesta demokrasi waktu itu, Baginda Lumbangaol SH peraih suara peringkat kedua dari lima kandidat lainnya. Kata masyarakat, ada dua kandidat yang berpeluang sebagai “Parhobas” kedepan yaitu Drs Maddin Sihombing dan Baginda Lumbangaol SH. Karena keduanya sama-sama sudah dikenal masyarakat. Namun ada juga mengatakan Maddin Sihombing tidak terlawan dalam pesta demokrasi ke depan.(T10/g)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda


saran anda